Pantai merupakan salah satu destinasi wisata paling menarik untuk dikunjungi saat libur panjang, namun ternyata ada beberapa pantai paling berbahaya di Asia Tenggara yang perlu untuk diwaspadai. Deretan pantai paling berbahaya di Asia Tenggara berikut ini memang menawarkan pemandangan yang indah, namun harus dipertimbangkan lagi untuk mengunjunginya.

Asia Tenggara menyembunyikan beberapa keajaiban paling murni serta sangat kaya akan warisan alam sehingga membuat banyak sekali negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara, karena Asia Tenggara menjadi surga tropis dunia. Jika berencana untuk berlibur ke pantai, kita perlu untuk mewaspadai deretan pantai paling berbahaya di Asia Tenggara berikut ini. Bukan karena adanya hewan buas ataupun serangan hiu di pantainya, kebanyakan pantai yang dianggap berbahaya ini memiliki ancaman lain, seperti pantainya yang tercemar, hingga tingginya tingkat kriminalitas di kawasan sekitar pantai tersebut. Berikut pantai berbahaya di Asia Tenggara.

PANTAI ANDAMAN, MYANMAR

Myanmar menjadi salah satu negara yang memiliki sebuah pantai paling berbahaya di Asia Tenggara yang dikenal dengan nama Pantai Andaman. Pantai yang berada di Pulau Sentinel ini mungkin belum terlalu populer, walau pemandangan yang ditawarkan cukup indah.

Pantai ini sangat terkenal, karena sederet laporan kehilangan yang melibatkan suku setempat. Salah satu yang cukup populer adalah kabar tentang hilangnya wisatawan asal Amerika Serikat setelah berupaya menjalin kontak dengan suku di Pantai Andaman. Suku tersebut diketahui sebagai suku kanibalisme yang tertutup dari dunia luar, dan tidak segan untuk memanah siapa pun yang berani menginjakkan kaki di pulau tersebut.

PANTAI HA TINH, VIETNAM

Salah satu pantai paling berbahaya di Asia Tenggara dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Pantai Ha Tinh. Bencana Kehidupan Laut 2016 membuat penduduk di sekitar pantai ini kehilangan pekerjaan dan berdampak pada bisnis lokal.

Pantai Ha Tinh Vietnam ini menjadi salah satu kawasan yang terdampak serta pantainya dikenal sebagai pantai bberacu, karena banyaknya ikan mati yang menumpuk di pasir dan jumlahnya hampir dua ton.

PANTAI JOMTIEN, THAILAND

Thailand merupakan sebuah negara yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata pantai cantik. Namun, siapa sangka jika Thailand juga memiliki pantai paling berbahaya di Asia Tenggara, dan salah satunya adalah Pantai Jomtien.

Pantai Jomtien ini berada dalam wilayah kutukan yang mematikan. Beberapa kejadian pernah terjadi di pantai ini, yaitu penemuan tubuh wanita tunawisma, seorang turis Inggris yang tidak sengaja jatuh dari balkon, dan puluhan penyu mati terdampar.

PANTAI MUARA, BRUNEI DARUSSALAM

Di Brunei Darussalam, ada pantai yang dianggap sebagai salah satu pantai paling berbahaya di Asia Tenggara, yaitu Pantai Muara. Pantai Muara dikenal memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, sayangnya pantai ini patut untuk diwaspadai karena sempat mengalami sejumlah kecelakaan beruntun di sekitarnya yang merenggut korban jiwa. Selain itu, ada juga sejumlah kasus wisatawan yang tenggelam hingga kecelakaan kapal dan jet ski di pantai ini. Walau begitu, Pantai Muara ini masih menjadi favorit sebagian wisatawan.

PANTAI KOH RONG, KAMBOJA

Pantai paling berbahaya di Asia Tenggara berikutnya ada di Kamboja, yaitu Pantai Koh Rong. Pantai ini memang cukup terkenal akan sejarah kekerasan, karena tidak sedikit wisatawan asing yang diserang oleh penduduk setempat saat berlibur di pantai ini.

Terakhir, ada seorang mayat backpacker Inggris yang ditemukan di pantai tersebut pada tahun 2019 silam dan penyebab kematiannya masih belum diketahui. Selain itu, kawasan pantai ini memang sering terjadi perampokan di hotel dan pencurian di siang hari.

PANTAI KOH SAMUI, THAILAND

Salah satu pantai paling berbahaya di Asia Tenggara yang patut untuk diwaspadai adalah Pantai Koh Samui. Sama halnya dengan Pantai Koh Tao, Pantai Koh Samui ini juga memiliki catatan kriminal yang berujung dengan kematian wisatawan.

Demi keamanan, wisatawan pun dianjurkan untuk datang ke pantai ini secara berkelompok. Ditambah lagi, cuaca di pantai ini juga tidak ramah sehingga sering menimbulkan masalah di luar dari kasus kriminalitas yang sering terjadi di pantai ini.

PANTAI KOH TAO, THAILAND

Pantai paling berbahaya di Asia Tenggara yang patut kita kamu waspadai adalah Pantai Koh Tao yang berada di Thailand. Pantai yang dijuluki sebagai Pulau Kematian ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah, namun keindahannya tentu menipu.

Disebut dengan Pulau Kematian, karena tercatat ada 11 insiden mengerikan yang berujung dengan kematian di pantai ini. Tidak hanya itu, dikabarkan juga ada banyak penjahat yang mengincar pasangan wisatawan serta backpacker yang berkunjung ke pantai ini.

PANTAI SIPADAN, MALAYSIA

Pantai paling berbahaya di Asia Tenggara yang lainnya adalah Pantai Sipadan. Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan pemandangan yang sangat indah di Malaysia dan menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung. Polisi Malaysia sering melakukan patroli di sekitar pantai ini, karena pantai ini sering menjadi lokasi penculikan. Tidak heran jika banyak negara yang mengeluarkan travel warning terhadap Pantai Sidapan ini.

PANTAI TUNGKU, BRUNEI DARUSSALAM

Pantai paling berbahaya di Asia Tenggara selanjutnya berada di Brunei Darussalam, yaitu Pantai Tungku. Banyak wisatawan yang menyebutkan bahwa Pantai Tungku ini merupakan pantai paling menjijikkan, karena banyak sampah berserakan di sepanjang pantai ini sehingga merusak pemandangan dan mencemari tanah serta air laut. Selain itu, Pantai Tungku ini hanya bisa diakses dari resor lokal sehingga cukup eksklusif dan tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan.