Anehtapinyata.id – Normal berat badan pada bayi ketika lahir umumnya 2,9 kilogram atau sampai 4,1 kilogram. Lebih dari dari ini namanya bayi raksasa. Namun bagaimana juga jika bayi ini memiliki berat badan dibawah standar rata-rata.

Jangankan 1 kilogram, bagi di Jepang ini yang terlahir dengan berat badan 268 gram dan menjadikannya sebagai salah satu bayi yang terkecil di dunia. Ukurang tubuhnya itu sangat mungil sekali, hanya setelepak tangan saja.

Akan tetapi ajaibnya lagi meski bayi itu terlahir secara premature pada kandungan 24 minggu, bayi tersebut yang dilahirkan di rumah sakit Keio Tokyo Jepan ini dalam kondisi yang sangat sehat. Tidak mengalami keluhan atau apapun. Hanya mendapatkan sedikit perawatan yang khusus saja selama 5 bulan untuk berat badannya mencapai ukuran yang normal bayi umumnya.

Sang ibu dari bayi terkecil di dunia ini menceritakan pengalamannya yang sempat membuatnya sedih. Sejujurnya bahwa ibu tersebut sangat sedih dan berkecil hati dan tidak yakin bahwa anaknya terlahir dengan selamat. Ya memang terlahir premature, namun pada usia 24 minggu sangat mustahil sekali apabila dia hidup normal dan bertahan  hidup saja sudah keajaiban. Tapi tak disangka bahwa Dokter Takeshi Arimitsu yang menangani dalam hal ini berkata pada ibu bayi mungil tersebut, bahwa Bayi yang terlahir dengan ukuran tubuh mini bisa saja dalam kondisi yang sehat.

Benar saja setelah melahirkan dalam proses Caesar, dirinya dan juga bayi terkecil di Jepang tersebut mendapatkan perawatan yang rutin pada nit intensif selama 5 bulan. Bayi it uterus dipantau berat badannya sampai tubuh yang normal dan tumbuh secara perlahan dengan meminum ASI dan tubuhnya dinyatakan sehat. Selanjutnya boleh untuk dibawa pulang ke rumah.

Bayi Jepang dengan berat badan 268 gram ini bukanlah yang pertama kali di dunia. Namun sebelumnya rekor bayi termungil dipecahkan oleh bayi asal Jerman yang terlahir dengan berat badan 274 gram. Sedangkan bayi perempuan termungil juga ada di Jerman dengan berat badan 252 gram.