Makanan tentunya merupakan hal yang favorit di masyarakat. Namun, ada beberapa jenis makanan yang dilarang masuk ke berbagai negara, meskipun berstatus legal di negara lain, namun setiap negara mempunyai kebijakan dalam mengatur makanan ke masyarakatnya. Berikut makanan yang dilarang beredar dengan alasan yang aneh.

KINDER JOY

Kinder joy merupakan salah satu makanan favorit anak-anak, selain rasanya yang enak di dalamnya juga ada kejutan hadiah yang dapat digunakan koleksi. Pihak bea cukai Amerika Serikat setiap tahunnya menyita pernak-pernik yang dibawa oleh wisatawan, dan salah satu barang bawaan yang tidak boleh dibawa adalah Kinder Joy atau Kinder X.

Lembaga Imigrasi Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa anak-anak dapat tersedak saat mengkonsumsi coklat dari Kinder Joy. Bahkan pada tahun 2011, lembaga terkait telah menyita 60.000 Kinder X saat melakukan pemeriksaan.

PERMEN BERWARNA

Terdapat lebih dari 3 ribu zat adiktif yang ditambahkan pada hampir semua jenis makanan olahan dan instan di Amerika. Ini adalah bahan makanan yang sudah termasuk food grade. Walau belum dilarang total, tapi masyarakat di negara Uni Eropa sudah banyak yang sadar akan bahaya bahan pewarna tersebut.

Pemerintah di negara Uni Eropa telah membatasi atau mengimbau warga agar mengurangi makanan yang banyak menggunakan bahan pewarna, seperti permen berwarna-warni yang banyak dikonsumsi oleh apnak-anak.

PERMEN KARET

Pada tahun 2004, Singapura membuat peraturan atas peredaran permen karet di negaranya, ini dikarenakan permen karet mengakibatkan masalah serius pada infrastruktur. Pada beberapa kasus, permen karet digunakan untuk menutup lubang kunci, membuat macet tombol lift dan menonaktifkan sensor rel kereta bawah tanah. Kini peraturan permen karet sudah direvisi, jika ada yang menjual harus ada pengawasan dari dokter umum atau dokter gigi.

JELLY CUP

Jelly Cup dilarang masuk ke seluruh negara Eropa, karena mengandung gonjab dan karena teksturnya yang lembut dan berlendir. Jadi akan sangat mudah orang untuk memakannya hanya dengan satu tegukan. Hal itu dianggap berbahaya, karena bisa tersedak di tenggorokan. Namun, di Asia terdapat banyak negara yang memproduksi makanan yang disukai oleh anak-anak ini.

SAUS TOMAT

Pada tahun 2011, Perancis membuat kebijakan untuk cafetaria sekolah, yaitu dilarang menggunakan saus tomat. Pemerintah hanya memperbolehkan mengkonsumsi saus tomat seminggu sekali untuk kepentingan kesehatan. Selain peraturan aneh ini, beredar pula kabar bahwa saus tomat hanya bisa dikonsumsi dengan kentang goreng.

FOEI GRAS

Foei gras merupakan salah satu sajian mewah dari Perancis dengan harga yang mahal. Namun banyak negara yang melarang makanan ini beredar, karena cara pembuatannya yang terbilang sadis. Foei Gras berasal dari angsa atau bebek yang dipaksa untuk memakan butiran jagung melalui selang yang dimasukkan ke dalam mulutnya.

Hal tersebut bertujuan untuk membuat hati angsa atau bebek menjadi dua kali lebih besar dari ukuran biasanya. Karena proses yang sedemikian rupa, banyak aktivis hewan yang menentang adanya makanan tersebut. Saat ini, ada lebih dari 20 negara melarang penyebaran Foei Gras untuk dikonsumsi di wilayahnya, termasuk Jerman, Israel dan Swiss.

IKAN FUGU

Ikan Fugu biasanya menjadi salah satu menu di rumah makan Jepang seperti Shasimi. Namun, di Amerika Serikat menangkap, menjual, dan menyajikan ikan tanpa izin dianggap ilegal. Aturan tersebut dibuat pada tahun 2002 lalu, dan tentunya pemerintah Amerika Serikat mempunyai alasan khusus mengenai aturan ini. Di dalam ikan Fugu terdapat sel beracun yang lebih kuat dibandingkan sianida. Bahkan, racun tersebut dapat membuat sesak nafas dan berakhir dengan kematian.

BUAH MANGGIS

Buah dengan kulit hitam dan tebal ini pernah dilarang dikonsumsi oleh warga Amerika Serikat dan China, karena dikhawatirkan membawa suatu penyakit dari lalat buah yang menempel di buah tersebut. Pada tahun 2007, larangan tersebut sudah dicabut dan boleh dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, sebelum dipasarkan buah yang memiliki rasa manis itu harus melalui proses penyinaran terlebih dahulu. Hal tersebut untuk mencegah perkembangbiakan lalat buah, sehingga tidak berbahaya.

KUE SAMOSA

Di negara Somalia, muhajidin al sobab mengeluarkan larangan untuk membuat atau membawa makanan kue samosa. Makanan yang terbuat dari tepung halus dengan isian daging itu dilarang masuk, karena memiliki bentuk segitiga yang menyerupai simbol Trinitas yang lekat dengan umat Kristiani.