Berenang dapat menjadi salah satu pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan sekaligus sebagai wisata. Tidak hanya di kolam renang, tempat berair seperti pantai, laut, danau atau tempat perairan lainnya juga bisa digunakan untuk berenang.

Terkadang sebelum menceburkan diri ke dalam air, kita perlu mencari tahu informasi terkait tempat tersebut. Walau memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, berikut ini beberapa tempat berenang paling terlarang di dunia.

BOILING LAKE, REPUBLIK DOMINIKA

Salah satu tempat berenang terlarang di dunia ini terletak di Republik Dominika. Danau yang terletak di kawah gunung berapi ini, memiliki suhu air yang mencapai 194 derajat. Walau memiliki pemandangan kabut uap paling indah di dunia, namun danau ini sangat berbahaya.

DANAU HORSESHOE, CALIFORNIA

Walau terlihat indah, namun nyatanya Danau Horseshoe cukup berbahaya. Berlokasi di dalam Taman Nasional Lassen Volcanic, California, Amerika Serikat, danau ini berada di ketinggian 1.996 meter. Air di permukaan danau ini mengandung zat karbon dioksida yang cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan tepat di tepian danau, terdapat pepohonan yang kering dan kerontang karena nyaris mati akibat terlalu banyak menghirup zat karbondioksida.

DANAU KARACHAY, RUSIA

Danau KaraLchay, Karachai atau Karachaj, adalah sebuah danau kecil yang berlokasi di Utara Pegunungan Ural, Rusia. Danau ini bukan hanya terlarang untuk berenang, bahkan berada dekat danau juga dilarang.

Danau tersebut dianggap sangat berbahaya, karena selama bertahun-tahun danau ini dijadikan tempat pembuangan limbah nuklir. Hal ini sudah terjadi sejak 1990, bahkan hanya dengan berdiri di samping danau selama 60 menit kita dapat terkena radiasi 600 Roentgen. Padahal, radiasi 500 Roentgen sudah dapat membunuh manusia.

NEW SMYRNA BEACH, FLORIDA

Akibat seringnya terjadi tragedi hiu di New Smyrna, pantai ini dijuluki Ibu Kota Hiu di dunia. Walau memiliki gelombang yang baik dan pemandangan yang sangat indah, namun tidak disarankan untuk berselancar ataupun berenang di pantai ini.

Kurang lebih terdapat tiga jenis spesies hiu yang menjadikan pantai ini sebagai habitatnya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak mengambil risiko dengan berselancar ataupun berenang di pantai yang berbahaya ini.

PESISIR BARBADOS

Barbados yang menjadi daerah terbaik untuk berenang dan snorkeling, namun terdapat beberapa lokasi yang justru menjadi daerah terlarang. Hal tersebut dikarenakan bagian pesisir ini sering diserang ombak besar dan air pasang laut yang sangat kencang.

PANTAI CONDADO, SAN JUAN, PUERTO RICO

Walau banyak turis yang memberikan testimoni mengenai indahnya Pantai Condado, namun banyak juga orang yang merekomendasikan untuk tidak mengunjungi tempat berenang terlarang dunia ini.
Pantai ini memiliki gelombang yang besar dan arus bawah laut yang kuat, selain itu ombaknya pun cukup tinggi. Bahkan sangat tidak mungkin untuk berenang di sini, karena dipenuhi oleh batu karang yang besar yang tentunya membahayakan keselamatan.

PANTAI HANAKAPIAI, HAWAII

Hawaii, sebuah kepulauan yang masih berada dalam wilayah Amerika, sangat populer dalam bidang pariwisata. Beberapa aktivitas yang sering dilakukan adalah menyelam dan berselancar. Salah satu tempat yang harus dikhawatirkan adalah Pantai Hanakapiai. Tempat ini sangat tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang dan berselancar.

Walau airnya terlihat tenang, di bagian bawahnya terdapat arus yang sangat kuat. Arus kuat ini bisa membuat penyelam yang berpengalaman pun dapat terseret hingga meninggal dunia. Oleh karena itu, di pinggir pantai dipasang papan peringatan untuk tidak sembarangan berenang di pantai tersebut.

PORTO MONIZ, PORTUGAL

Tempat berenang terlarang di dunia ini bernama Porto Moniz, sebuah tempat yang terhubung langsung ke laut lepas dan terbentuk secara alamiah karena erupsi gunung berapi selama ribuan tahun lamanya. Walau tempat ini menyajikan pemandangan yang sangat indah, namun sebaiknya tetap harus waspada terhadap ombak besar yang bisa datang tiba-tiba.

PULAU ULAR, SÃO PAULO

Pulau Ular ini terletak 150 kilometer sebelah selatan Kota Sao Paulo. Pulau ini memiliki nama asli Ilha da Queimada Grande berada 40 kilometer di lepas pantai Brasil. Manusia dilarang memasuki wilayah tersebut, karena banyaknya ular yang bersembunyi di tempat itu.

Pulau ini adalah rumah bagi tombak emas, suatu spesies unik dari ular beludak yang dikenal sebagai salah satu ular paling mematikan di dunia. Bahkan, panjang dari ular ini bisa mencapai lebih dari 0,5 meter, dan diperkirakan terdapat sekitar 2.000 hingga 4.000 ekor di pulau tersebut.

SAMAESAN HOLE DI SAMAESAN BAY, THAILAND

Samaesan Hole di Samaesan Bay, Thailand ini dikenal sebagai tempat berenang terlarang di dunia, karena terdapat arus kuat yang dimana dapat membawa kamu terseret arus. Selain itu, terdapat bom aktif yang ada di lubang besar dan gelap di sana. Hal tersebut karena dulunya Samaesan Hole merupakan tempat pembuangan peralatan militer, dan jenazah tentara perang saat perang dunia kedua.

SUNGAI AMAZON, AMERIKA SELATAN

Dikelilingi oleh hutan Amazon, sungai Amazon memiliki banyak hewan buas di dalamnya. Beberapa hewan tersebut bahkan sangat ditakuti, mulai dari ular anaconda, hiu air tawar, hingga ikan piranha.

Tidak mengherankan jika sungai ini merupakan salah satu tempat berenang terlarang di dunia. Bahkan, perenang profesional menyarankan untuk jangan pernah mencoba berenang di sungai Amazon karena terdapat banyak bahaya, terutama hewan-hewan buas yang dapat mengancam nyawa.

SUNGAI BRAHMAPUTRA, BANGLADESH

Memiliki panjang 2.900 kilometer, sungai ini sering digunakan oleh penduduk lokal untuk kebutuhan irigasi dan transportasi. Walau begitu, sungai ini bisa dikatakan cukup berbahaya karena memiliki arus yang sangat mematikan. Air sering kerap terjadi di sungai ini. Jika air pasang terjadi, maka akan membentuk suatu pusaran hingga dapat menenggelamkan apa pun yang berada di atasnya.

SUNGAI BUBBLY CREEK, CHICAGO

Tempat berenang terlarang di dunia lainnya adalah Bubbly Creek, yang merupakan dari bagian Sungai Chicago. Pada tahun 1990-an, terdapat sejumlah cacing darah yang hidup di sungai tersebut dan memakan darah tebal membusuk yang terletak di dasar sungai. Akhirnya, sungai tersebut menjadi beracun dan daerah sekitarnya penuh dengan bau tengik.

Program untuk mengoksigenasi anak sungai dengan secara terus menerus menyuntikkan udara bertekanan ke dalam air juga telah dilakukan. Namun, polusi di sungai ini masih tinggi dan berenang di Bubbly Creek sangatlah tidak dianjurkan.

SUNGAI NIL, AFRIKA

Di Afrika ada sebuah sungai yang sangat terkenal, yaitu Sungai Nil. Sungai Nil ini terkenal bukan karena dianggap sebagai salah satu sungai terpanjang dunia, namun juga sungai yang berbahaya. Di Sungai Nil terdapat banyak buaya. Walau tidak sebesar spesies buaya air asin, ukuran buaya Sungai Nil tidak dapat dianggap remeh. Panjang buaya di Sungai Nil dapat mencapai 4,2 meter dengan berat mencapai 220 – 550 kg.

WEST END, GRAND BAHAMA ISLAND

Walau memiliki pemandangan yang menakjubkan, deretan pantai West End, Grand Bahama Island ini dipenuhi dengan ikan hiu terbanyak di dunia. Grand Bahama sendiri merupakan suatu habitat bagi hiu harimau yang dibuktikan oleh kebanyakan perahu ekspedisi yang melihat penampakan hiu sepanjang hampir 5 meter.