Bisnis restoran bukan hanya masalah lidah, setiap aspek dapat mempengaruhi kesuksesannya secara umum. Muali dari kualitas makanan, interior, hingga servis kepada pelanggan.

Untuk menarik perhatian dan hadir dengan konsep berbeda, tidak jarang sebuah tempat makan memiliki konsep yang tidak biasa. Salah satunya dengan menampilkan konsep pelayanan yang unik.

Berikut ini ada beberapa restoran yang pelayanannya dapat dikatakan unik dan aneh.

ABIGAIL’S KITCHEN – NEW YORK

Restoran ini menawarkan pengalaman bersantap unik dengan mata tertutup, alias dalam kegelapan. Restoran ini dulunya bernama Camaje Bistro, hingga tahun 2019 mengubahnya menjadi Abigail’s Kitchen. Uniknya, restoran ini menyelenggarakan makan malam dalam kegelapan dua kali dalam seminggu, dan untuk acara khusus seperti Hari Valentine.

Restoran ini mengklaim, bahwa bersantap dalam gelap karena mengenakan penutup mata dan hanya diterangi cahaya lilin yang remang-remang, dinilai dapat meningkatkan indra penciuman dan perasa kamu pada tingkat yang lebih tinggi. Tentu, hal ini hanya dapat kita coba jika tidak memiliki rasa takut akan kegelapan.

Kita juga tidak akan diberi tahu menu apa saja yang disajikan saat makan malam, dan artinya kita benar-benar akan menebak makanan hanya dari rasa dan bau hidangan.

Walau demikian, pihak restoran unik ini pun telah mengantisipasi apabila pelanggan memiliki alergi tertentu dengan meminta mereka mengisi keterangan pada saat reservasi. Pngalaman unik ini dapat kita coba dengan biaya sebesar 150 dolar AS, atay 500 dolar AS di hari Valentine untuk dua orang.

RESTORAN DAOXIANJI – TIONGKOK

Mungkin para lelaki akan senang jika berkunjungi ke restoran ini, karena memiliki pelayan yang mengenakan bikini. Menurut staf di restoran yang bernama Daoxianji, restoran ini tidak hanya memiliki pelayan wanita cantik yang menggunakan bikini saja, pelayan prianya pun juga memakai pakaian renang.

RESTORAN JAFFLECHUTES – AUSTRALIA

Restoran ini memiliki pelayanan yang memang cukup aneh, karena si pelayan yang mengantarkan makanan adalah sebuah parasut.

Restoran yang menyajikan menu makanan sandwich ini memiliki konsep yang cukup sederhana, yaitu sang pemilik pertama mengumumkan kapan restoran dibuka atau bisa buka melalui website, setelah itu pelanggan log in dan bisa membeli sandwich dengan pilihan masing-masing, lalu berikan alamat yang dituju dan kapan sandwich itu akan dikirim. Jika sudah, pelanggan akan melihat sandwich miliknya sedang terbang bersama dengan parasut.

RESTORAN KAYABUKI – JEPANG

Restoran yang bernama Kayabuki di Miyukihoncho, Utsunomiya, Tokyo Utara ini memilih para pelayannya adalah pasangan monyet yang dinamakan Yat Chan dan Fuku Chan.

Kedua monyet ini memiliki yang berbeda walaupun keduanya sama-sama melayani para pengunjung. Yat Chan bekerja sebagai pelayan yang menawarkan menu makanan dan minuman menggunakan tablet, sedangkan Fuku Chan bekerja sebagai memberikan pengunjung handuk panas dan membantu mereka membersihkan tangan sebelum mereka menyantap makanan atau minuman.

Bahkan, kedua hewan ini sudah disertifikasi oleh otoritas lokal untuk bekerja di restoran tersebut.

RESTORAN KRA THON – THAILAND

Restoran yang terletak di seberang dari BITEC di Bangna Road, Thailand ini memiliki pelayanan yang juga super aneh karena si pelayan sebelum menyajikan makanan, ia melakukan akrobatik dengan menggunakan sepeda layaknya permainan sirkus.

Tidak hanya itu, para pengunjung pun menganggap restoran ini memiliki menu makanan yang terkenal yaitu flying chicken atau ayam terbang. Dijuluki ayam terbang, karena saat si koki sudah memasak ayam tersebut ia memberikan makanan kepada pelayan namun dengan cara diterbangkan dan si pelayan pun menangkapnya dengan menggunakan sepeda.

RESTORAN NUREMBERG – JERMAN

Michael Mack merupakan pemilik dari restoran pertama di dunia yang memiliki konsep dengan fitur pemesanannya bukan melalui pelayan, namun dibuat otomatis oleh teknologi canggih.

Di setiap meja makan telah dihubungkan dengan rel logam ke dapur. Berbagai macam hidangan makanan dan minumannya pun meluncur di sepanjang rel tersebut dengan di dorong oleh gravitasi.

Para pengunjung sebelumnya memesan makanan dengan menggunakan sistem layar sentuh atau tablet yang ditempatkan pada setiap meja.

RESTORAN ROBOT – TIONGKOK

pelayanan di restoran ini adalah kumpulan para robot. Restoran yang berada di Harbin, provinsi Heilongjiang di Tiongkok ini memperkerjakan 20 robot sebagai koki, pelayan dan penjaga pintu masuk.

Saat kita datang, penjaga pintu masuknya pun akan mengatakan “halo orang bumi, selamat datang di restoran robot”. Setelah kita memesan, robot pun akan memasak makanan yang dipesan tersebut dan pelayan robot siap mengantarkan makanan dari dapur ke meja pengunjung.

RESTORAN ROLLER COASTER – UNITED ARAB EMIRATES

Ini adalah restoran yang mempunyai permainan roller coaster terbesar di dunia. Restoran yang terletak di pusat perbelanjaan mewah di Abu Dhabi, Rogo ini memiliki jaringan 30 trek permainan roller coaster yang fungsinya adalah sebagai pelayan untuk mengantarkan makanan dan minuman dari dapur ke meja pengunjung.

Sebelumnya, para pengunjung memesan makanan dan minuman menggunakan tablet yang sudah disediakan, lalu menuju tempat duduk dan menunggu makanan mereka datang melalui permainan roller coaster tersebut.