Tidak ada orang yang menikah dan menginginkan perceraian, namun perceraian dapat menghabiskan biaya yang mahal karena ada harta gono gini yang harus dibagi.

Banyak taipan teknologi dan bintang olahraga berselisih dengan pengacara setelah perselingkuhan, kecanduan, atau kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi. Berikut perceraian termahal yang pernah terjadi di Dunia.

ADNAN DAN SORAYA KHASHOGGI

Dengan julukan seperti ‘The Great Gatsby of the Middle East’, kita harus memiliki uang. Sedihnya, bagi pengusaha Adnan Khashoggi, perceraiannya pada tahun 1980 membuatnya berpisah dengan sebagian besar hartanya. Setelah 20 tahun menikah, Adnan dan Soraya berpisah dalam penyelesaian perceraian yang bernilai sekitar USD 874 juta, yang bila dimasukkan ke dalam angka modern yang disesuaikan dengan inflasi, mendekati USD2,3 miliar.

ALEC DAN JOCELYN WILDENSTEIN

Sosialita Amerika yang terkenal karena operasi kosmetiknya yang ekstensif, Jocelyn Wildenstein juga merupakan bintang dalam taruhan perceraian. Perceraiannya yang terkenal dari miliarder pedagang seni dan pengusaha Alec Wildenstein menjadi berita utama di seluruh dunia, terutama karena detail gaya hidupnya yang terungkap. Jocelyn pernah menghitung tagihan telepon tahunannya sebesar USD 60.000, biaya makanan dan anggur sebesar USD547,00. Dalam penyelesaian perceraian yang sebenarnya, Jocelyn menerima USD 2,5 miliar bersama dengan paket gaji USD 100 juta setiap tahun selama 13 tahun.

BERNIE DAN SLAVICA

Tidak mengherankan jika mantan kepala eksekutif Formula 1 Bernie Ecclestone memiliki banyak uang, namun penyelesaian perceraiannya adalah salah satu yang paling aneh dalam sejarah. Dalam 11 tahun sejak berpisah dari model Slavica, Ecclestone telah menerima lebih dari setengah miliar dolar dari kepercayaan mantan istrinya. Tampaknya Slavica membayarnya sekitar USD 100 juta per tahun, karena fakta bahwa aset Ecclestone dialihkan atas nama Slavica ketika dia menderita masalah jantung serius pada akhir 1990-an. Pada tahun 1999, dia memiliki triple bypass, yang jika dia meninggal, akan membuat putrinya tunduk pada bea kematian Inggris dengan tarif 40 persen, mendorongnya untuk mentransfer aset. Lebih dari dua dekade kemudian, Slavica secara teknis masih memegang akta dan slip merah muda di sejumlah asetnya, bersama dengan penyelesaiannya sendiri senilai USD 1,2 miliar.

CRAIG DAN WENDY MCCAW

Pria di belakang McCaw Cellular berpisah dari istrinya yang pengusaha, Wendy pada tahun 1997 setelah 21 tahun menikah, dengan meninggalkan kekayaan sebesar USD 460 juta. Walau tidak banyak yang benar-benar diketahui tentang kerusakan kemitraan, kasus tersebut melibatkan rumah monster Hunts Point, jet pribadi, dan liburan Mediterania di atas kapal Calixe, kapal pesiar keluarga.

DMITRY DAN ELENA RYBOLOVLEV

Pada tahun 2008, Elena Rybolovlev mengajukan gugatan cerai terhadap pengusaha dan investor Rusia Dmitry.

Baru pada tahun 2014 perceraian itu diresmikan, sekitar waktu yang sama Elena ditahan di Siprus karena diduga mencuri cincin berlian senilai USD 28 juta yang kemudian dia buktikan diberikan oleh mantan suaminya saat mereka masih menikah.

HAROLD HAMM DAN SUE ANN HAMM

Pada 2012, Harold Hamm, CEO Continental Resources, dan istrinya Sue Ann Hamm mengajukan gugatan cerai setelah 24 tahun menikah. Dua tahun kemudian, pengusaha kaya itu diperintahkan untuk membayar mantan istrinya hampir USD 1 miliar, dan USD 322 juta dari kekayaan itu harus dibayarkan pada tahun yang sama. Jumlah yang tersisa dilaporkan diperintahkan untuk dibayarkan kepada Sue Ann dengan cicilan bulanan sebesar USD 7 juta.

JEFF BEZOS DAN MACKENZIE SCOTT

Perpisahan Jeff dan Mackenzie Bezos pada tahun 2019 menjadi salah satu perceraian termahal dalam sejarah. Setelah bertemu saat bekerja di hedge fund DE Shaw, Scott kemudian membantu Bezos meluncurkan pasar global Amazon, bertahan dengannya melalui pertumbuhan bisnis yang luar biasa. Namun, perceraian tersebut membuat Mackenzie, yang telah menikah lagi, menerima empat persen saham di Amazon senilai lebih dari USD38 miliar yang nilainya meroket selama setahun terakhir. Segera menjadikannya wanita terkaya keempat di dunia, perceraian mendorong Scott ke garis depan kekayaan, dengan kekayaan bersih USD 61,2 miliar. Namun, dengan gaya khasnya, Scott kemudian berjanji akan memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya.

RUPERT MURDOCH DAN ANNA MARIA MANN

Istri pertama maestro media Rupert Murdoch, Anna Maria Mann adalah bintang jurnalistik dengan haknya sendiri. Penulis Skotlandia menikah dengan Murdoch pada tahun 1967, mengasuh Elisabeth, Lachlan dan James. Namun, pada tahun 1999 pernikahan itu runtuh. Menurut Business Insider, Mann menerima USD 1,7 miliar, termasuk uang tunai sebesar USD 110 juta dari penyelesaian perceraian.

STEVE DAN ELAINE WYNN

Raja Las Vegas berpisah dari ratunya pada tahun 2010, berpisah dengan USD 1 miliar dalam prosesnya. Pengusaha real estate dan kolektor seni Steve Wynn menghasilkan sebagian besar uangnya dalam permainan hotel, menjual perusahaan Mirage Resorts miliknya ke MGM Grand pada tahun 2000, dan seperti sebuah hotel, kehidupan pribadinya melihat banyak hal datang dan pergi. Wynn menikahi Elaine Farrell Pascal pada tahun 1963 sebelum bercerai pada tahun 1986. Hanya lima tahun kemudian, pasangan itu kembali ke altar dan hanya 19 tahun kemudian, mereka berhenti untuk kedua kalinya. Sayangnya untuk Wynn, perceraian kedua membuatnya jauh lebih mahal daripada yang pertama, melihatnya berpisah dengan kekayaan yang sangat besar.

TIGER WOODS DAN ELIN NORDEGREN

Mungkin ledakan paling terkenal dalam sejarah olahraga, perpisahan Tiger Woods dari model Elin Nordegren adalah berita paling depan. Setelah laporan tentang banyak perselingkuhannya meledak ke mata publik, enam tahun pernikahan Woods berakhir. Secara alami, sebagai salah satu atlet terbesar dan dengan bayaran tertinggi sepanjang masa, penyelesaiannya sangat besar mencapai USD710 juta.