Alam masih menyimpan beragam keindahan dan keunikan yang jarang kita temui. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya spesies makhluk hidup dengan berbagai bentuk serta hal unik lainnya.

Di antara keragaman jenis makhluk hidup, masih ada sejumlah spesies hewan dengan penampakan yang ganjil namun tidak kita ketahui sebelumnya. Hewan-hewan ini membuktikan bahwa ternyata masih banyak yang masih belum kita ketahui di dunia ini.

Dilihat sekilas, hewan ini memang terlihat menyeramkan. Namun, sebagian hewan ini merupakan sejenis primata yang hidup secara nocturnal dan masih liar yang berasal dari segala belahan dunia. Berikut hewan yang memiliki wujud aneh namun nyata adanya.

Hiu Goblin

Salah satu spesies hiu langka ini dapat kita temukan di wilayah laut dalam di penjuru dunia. Spesies ini juga sering disebut sebagai “fosil hidup”, bukan karena tampilannya yang menyeramkan, melainkan karena spesies ini merupakan salah satu spesies hiu tertua yang sudah ada sejak 125 juta tahun silam.

Kemampuannya dalam berburu mangsa dan bentuknya yang menyeramkan sehingga mendapat julukan king of the ocean.

Hiu ini dikenal dengan bentuk moncongnya yang panjang dan pipih,kepalanya panjang dan rahang yang menonjol memiliki warna merah muda dari pembuluh darah yang nampak dari luar dengan bercampur warna abu-abu.

Hiu Goblin juga mendapat julukan sebagai hiu Alien karena bentuknya yang unik. Hiu ini banyak ditemukan di Jepang dan Taiwan tersebar luas di Samudra Atlantik dan Indonesia Pasific pada kedalaman hingga 1300 meter di bawah permukaan laut.

Fossa

Hewan karnivora ini berasal dari pulau Madagaskar. Bentuk hewan ini terbilang unik karena sekilas terlihat seperti setengah kucing dan setengah musang.

Hewan ini adalah keluarga yang berkaitan erat dengan keluarga luwak. Karnivora ini diperkirakan telah menghuni pulau sekitar 18 sampai 20 juta tahun lalu.

Hewan ini memiliki cakar yang dapat ditarik sebagian dan pergelangan kaki yang fleksibel sehingga memungkinkan untuk memanjat pohon dan lompat dari pohon ke pohon lainnya.

Lamprey

Lamprey adalah ikan yang tak berahang.Hewan laut sejenis ikan ini mempunyai mulut yang dipenuhi dengan gigi-gigi membentuk melingkar. Meski bentuknya aneh, sejak zaman Romawi kuno hewan ini kerap dijadikan makanan mewah khusus golongan atas.

Makhluk aneh ini mirip seperti ular dan dipercaya telah ada lebih dari 200 juta tahun yang lalu sebelum era dinosaurus dan vertebrata tertua lainnya.Karena itu Lamprey dijuluki “fosil hidup” melekat padanya.

Ikan ini terlihat tidak berbahaya saat mulutnya menutup, wujudnya seperti belut. Namun, saat membuka mulut untuk mencari mangsa terlihat giginya setajam silet.

Blobfish

Blobfish adalah ikan laut dari keluarga Psychrolutes. Ikan yang tinggal di wilayah laut dalam ini mempunyai penampakan yang menyeramkan. Dengan badan penuh lendir serta muka yang menyerupai wajah manusia, blobfish sering dijuluki hewan terjelek di dunia.

Ikan yang berwajah mirip alien ini berada di sekitar lepas pantai Selandia Baru, Australia danTasmania.

Sebagian besar blob fish adalah gelatin yang dilengkapi tulang lembut dan halus. Blop fish tidak mempunyai gelembung renang sebagai daya apung, dia bergerak dengan menggunakan dagingnya yang lembek untuk bergerak.

Glass Frog

Hewan dengan nama latin Hylinobatrachium pellucidum atau biasa disebut Katak transparan atau disebut juga katak kaca atau kristal. Katak yang satu ini sangat menakjubkan karena mempunyai kulit yang transparan sehingga kamu bisa melihat organ di dalamnya. Katak ini juga ditemukan di wilayah Amerika Latin. Sepertinya wilayah tersebut menyimpan banyak makhluk unik ya.Katak berjenis ini tidak baru,tetapi terancam punah.

Katak ini banyak ditemukan di dataran rendah Amazon,Ekuador yang memiliki bintik hijau di punggungnya dan memiliki jantung yang terlihat pada selaput transparan di sekeliling organ tubunya.

Mengingat habitat mereka di dataran rendah Amazon,para ilmuwan memperingatkan bahwa katak ini beresiko. Karena ekstrasi minyak dan pembangunan jalan dapat menghancurkan habitat mereka.