Menginap di hotel bintang lima dengan pelayanan terbaik sudah menjadi hal biasa bagi setiap penikmat hotel, namun jika menginap di hotel unik di dunia dengan sentuhan bangunan arsitektur yang aneh namun terasa nyata di depan mata tentu merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Berbagai hotel unik di dunia ini menyuguhkan sensasi menginap yang tidak akan mungkin mudah dilupakan. Kita akan terkagum-kagum saat melihat konsep arsitektur bangunan yang sulit dijangkau akal.

Berikut beberapa hotel unik yang ada di Dunia.

ATTRAP REVES

Hotel ini dikenal dengan nama Attrap Reves dan mempunyai konsep camping di alam liar yang berbeda. Di sini, kita akan merasakan pengalaman tidur dari dalam gelembung yang berada di tengah-tengah hutan. Dinding kamar gelembung ini dibuat transparan agar kita dapat melihat pemandangan di sekitarnya dengan jelas tanpa harus keluar kamar.

AROUND THE SEA

Berbeda dengan hotel-hotel lainnya yang terbuat dari pasir, es atau bawah laut, hotel around the sea justru dapat berputar sekitar 360 derajat loh. Perputarannya memang sangat lambat sehingga kebanyakan tamu tidak menyadari pergerakannya. Butuh sekitar satu jam bagi hotel untuk dapat berputar satu rotasi penuh.

Saat menginap di Around The Sea, kita dapat menikmati aneka pemandangan indah. Hotel berputar pertama di dunia ini berada di Pulau Prince Edward, Kanada. Lokasinya dekat dengan Pantai Cavendish, pasar ikan segar, restoran, dan lainnya. Hotel ini juga menghadap ke area pantai di Prince Edward Island National Park.

CONRAD RANGALI ISLAND

Maladewa termasuk salah satu tempat fantastis untuk bersenang-senang. Pasalnya, salah satu negara di Asia Selatan ini memiliki hotel unik bernama Congrad Rangali Island di Kepulauan Rangali. Di sini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah dengan berisikan ikan yang menyerupai akuarium raksasa.

DE GLACE

Hotel yang berada di Kanada ini dibangun pada tahun 2001 dengan bangunan menyerupai kastil dan terbuat dari es serta salju. Karena terbuat dari salju, kita hanya bisa menginap di hotel tersebut setiap musim dingin atau sekitar bulan Januari hingga Maret. Pada musim panas, hotel ini ditutup. Hotel De Glace memiliki kubah besar dengan 44 kamar dan suite, lengkap dengan fasilitas berupa perapian, café, bar, meeting room, tempat karaoke dan ballroom.

DREAM CAVE CAPPODOCIA

Dream Cave Cappadocia adalah salah satu hotel terunik di dunia yang terletak di Uçhisar, Turki. Hotel ini berada dibawah kastil Uçhisar yang menyajikan pemandangan begitu sempurna.

Kawasan ini juga menjadi salah satu wilayah favorit para turis di Turki yang bentang alamnya tercipta akibat letusan Gunung Ericyes. Di hotel ini terdapat area teras, dimana kita dapat menikmati sarapan organik dengan pemandangan love valley, red valley, pigeon valley dan gunung Erciyes sambil melihat pertunjukkan balon udara yang sangat cantik.

GOLDEN CROWN LEVIN IGLUT

Hotel terunik di dunia selanjutnya adalah Golden Crown Levin Iglut. Hotel ini terletak di Finlandia tepatnya berada persis di Lapland Finlandia. Saat berada di sini, kita akan ditawarkan kamar-kamar mirip igloo dengan berdindingkan kaca sehingga dapat menikmati keindahan hutan belantara yang indah nan menakjubkan.

Setiap iglo mampu diisi oleh dua orang atau keluarga dan dilengkapi dengan tempat sarapan, kamar mandi, dan tempat tidur yang memiliki sandaran kepala yang dapat kita sesuaikan untuk melihat aurora. Fasilitas lain dari hotel ini yaitu tersedianya restoran dan gedung resepsi yang sudah dibangun sejak tahun 2016. Golden Crown Levin Iglut juga memiliki jendela yang diisolasi dan dipanaskan sehingga akan membuat hangat.

HANG NGA

Hotel ini terletak di Vietnam dengan memiliki kesan mistis yang kuat dan konsep yang unik. Banyak yang mengatakan bahwa hotel Hang Nga ini seperti dengan rumah nenek sihir yang ada dalam cerita-cerita dongeng anak kecil.

Desain bangunannya terbuat dari pohon raksasa lengkap dengan detail-detail yang membuatnya terlihat alami. Untuk membuat pengunjung lebih nyaman, hotel ini menyediakan fasilitas pemanas ruangan, lemari pakaian, dan tempat duduk di setiap kamarnya.

ICE HOTEL

Berikutnya ada Icehotel. Hotel ini berlokasi di Jukkasjärvi, Swedia. Ice hotel menawarkan keunikan berupa sensasi menginap di suhu yang dingin seperti es. Interior dan desain hotel ini pun terbilang cukup mewah, karena setiap ruangannya berlantai dan dikelilingi dinding es hingga ornamen lampu yang berkerlap-kerlip.

Memiliki tema berbeda di setiap kamar, Ice hotel memiliki suhu sekitar -5 hingga -8 derajat Celcius. Pihak hotel juga menyediakan kantong tidur yang dilengkapi pemanas.

SALA SILVERMINE

Jika tertarik untuk merasakan nuansa menginap yang berbeda, hotel Sala Silvermine Swedia merupakan salah satu opsi yang dapat dicoba. Dulunya, Tambang Sala merupakan penghasil perak terbaik dan terbesar yang ada di Swedia selama berabad-abad. Namun, berhenti pada awal abad 21, tepatnya pada 1908.

Hotel ini menyediakan fasilitas cukup lengkap berupa kamar yang nyaman, restoran, toko suvenir, hingga museum. Terdapat pula kolam alami di dalamnya. Kita juga dapat mengikuti tur di tambang perak Sala dan menikmati hiburan seperti luncur gantung dan golf.

SANDCASTLE

Jotel Sandcastle terletak di Weymouth, Inggris. Sesuai dengan namanya, hotel ini terbuat dari pasir. Konon, dibutuhkan sekitar 1.000 ton pasir dengan empat elemen patung untuk membuat konsep istana pasir tersebut. Hotel ini sangat berbeda dengan jenis hotel lainnya.

Menginap di hotel ini seperti sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bila gemar membuat istana pasir selama masa kanak-kanak. Hotel ini menyuguhkan dua kamar tidur dengan kasur yang terbuat dari pasir tanpa memiliki atap. Saat malam tiba, kita bisa langsung memandang berbagai bintang indah di langit dari hotel ini.

WATER DISCUS DUBAI

Serupa dengan maladewa, hotel yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab ini juga merupakan hotel bawah laut yang menawarkan pengalaman menginap super seru dan menyenangkan. Kita dapat melihat keindahan alam bawah laut serta permukaan laut.

Hotel Water Discus dibagi menjadi dua bagian, yaitu di bawah laut serta permukaan laut. Di bagian permukaan ini, kita dapat melihat pemandangan kota Dubai serta merasakan kehangatan matahari kota ini.

Sementara kamar bawah laut berada di kedalaman 10 meter, kita dapat melihat indahnya panorama laut di sekitar kamar yang ditempati.