Biasanya, rumah memiliki bentuk kubus, balok, atau gabungan keduanya. Namun, ada beberapa rumah di dunia yang dibangun dengan bentuk yang unik dan aneh. Walau unik, beberapa rumah teraneh di dunia ini bisa dijadikan inspirasi untuk mendesain tempat tinggal impian.

Berikut beberapa rumah yang memiliki desain eksterior unik dan aneh, yang mungkin dapat membuat orang terheran-heran.

CORAL CASTLE

Coral Castle menjadi rumah misteri saat ini. Ed Leedskalnin ditinggalkan tunangannya pada malam pernikahan mereka, karena itu, Ed pindah ke Florida dan membangun sebuah kastil dari lempengan batu. Rumah itu dibangun pada tahun 40-an dan diselesaikan selama 28 tahun olehnya. Kastil itu berdiri dengan obelisk sepanjang 40 kaki, taman dengan patung-patung, dan memiliki gerbang seberat 9 ton.

Karena kastil tersebut memiliki sejarah yang mengharukan serta kehebatan Leedskalnin yang berhasil melakukan semua itu sendiri tanpa peralatan konstruksi modern, banyak masyarakat yang mengunjungi kastil itu selama bertahun-tahun yang lalu.

Leedskalnin membangun rumah itu seorang diri dan hanya dikerjakan pada malam hari. Tidak ada yang pernah melihat bagaimana dia membangun semua itu. Saat ditanya, dia mengatakan kalau dia menggunakan teknik orang Mesir saat membangun piramida.

Pada tahun 1986 setelah kematian Leedskalnin, gerbang berat itu retak dan dibutuhkan enam orang pekerja untuk memperbaikinya. Rumah itu bahkan pernah diterjang Badai Andrew, namun tidak mengalami kerusakan sedikitpun.

DAR AL HAJAR

Dar al Hajar terletak di Lembah Wadi Dhahr, Yaman. Masih terbuat dari batu, rumah teraneh di dunia ini dibangun oleh seorang pemimpin Islam Imam Yahya pada tahun 1930-an. Rumah musim panas yang juga disebut sebagai Istana Batu Iman tersebut menawarkan pemandangan menakjubkan lembah untuk wisatawan.

Rumah ini memiliki tinggi lima lantai yang dilengkapi dengan sistem pendingin air di wadah tembikar. Pada awalnya, Dar al Hajar dibangun di atas sisa-sisa bangunan lain di atas batu. Sejak saat itu, rumah tersebut menjadi salah satu ikon terkenal di Yaman.

HANG NGA GUEST HOUSE

Hang Nga Guesthouse terletak di Kota Dalat, Vietnam. Rumah yang juga dikenal sebagai Rumah Gila Dalat oleh penduduk setempat ini termasuk sebagai rumah teraneh di dunia karena bentuknya yang menyerupai pohon raksasa. Rumah ini dirancang oleh arsitek Vietnam Dang Viet Nga dengan menyediakan 10 kamar tamu yang terbuka untuk turis.

Karena bentuknya yang seperti pohon, rumah aneh ini memiliki banyak sudut, celah, tikungan, belokan, tangga, lorong bahkan jembatan. Hang Nga Guesthouse juga cocok digunakan sebagai tempat syuting kisah kerajaan karena tema dongeng yang dimiliki. Terdapat ornamen patung, taman dan semua perabotan di dalam rumah yang dibuat dengan tangan agar sesuai dengan bentuk organik interior.

RUMAH BOTOL PLASTIK

Kita tahu betapa buruknya botol plastik bagi lingkungan, namun di Argentina botol plastik dimanfaatkan dengan cukup baik menjadi karya seni yang berguna. Alfredo Santa Cruz membangun rumah dari botol plastik bekas dan barang-barang tidak terpakai lainnya. Bahkan, beberapa perabotan di dalam rumah tersebut juga dibuat dari barang-barang yang tidak terpakai. Walau dari barang bekas, konstruksi rumah itu terlihat sangat indah dan kreatif, dengan barang-barang bekas yang disusun secara inovatif.

RUMAH FLINSTONES

Flinstones merupakan serial kartun lama yang menceritakan kehidupan zaman purba, dan salah satu hal yang ikonik dari serial kartun tersebut adalah rumah sang karakter utama yang memiliki desain khas ‘rumah purba’. Ternyata, rumah Flinstones ini ada di dunia nyata. Tepatnya di Malibu, California.

Menariknya, rumah ini juga dijual. Namun, harga yang dibanderol untuk salah satu rumah teraneh di dunia ini terbilang fantastis, yaitu sekitar 3,5 juta Dolar AS.

RUMAH HIU

Bisa dibilang ini adalah rumah teraneh di dunia di antara rumah-rumah lainnya yang memiliki desain tidak biasa, hal itu dikarenakan pada atap rumah ini terdapat patung ikan hiu raksasa yang seakan-akan menghantam rumah tersebut. Rumah ‘nyentrik’ ini terletak Headington, Oxford, Inggris.

RUMAH JAMUR

Rumah ikonik menyerupai jamur di Austin, Amerika Serikat telah beberapa bulan berada di pasaran, namun belum menemukan pemilik baru. Rumah dengan julukan seperti Mushroom House, the Nautlist, dan Sand Dollar House tersebut kini dijual USD 1,75 juta. Rumah tersebut sebelumnya ditawarkan dengan harga USD 2,2 Juta.

Didesain oleh arsitek Austin, John Covert Watson, Sand Dollar House menjadi contoh terbaik arsitektur organik di era 1970-an. Rumah tersebut dibangun untuk seniman Eugenia Hunt sebagai rumah keduanya, namun sejak saat itu rumah ini beralih kepemilikan hingga Bradford dan keluarganya memilikinya sejak Januari 2018. Watson berusaha menyatukan harmoni antara tempat tinggal manusia dan alam melalui berbagai metode. Dia merancang rumah tersebut dengan penuh perhitungan.