Arab Saudi, secara resmi di kenal sebagai Kerajaan Arab Saudi atau Kingdom of Saudi Arabia. Arab Saudi adalah sebuah negara Arab di Asia Barat yang mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia. Dengan luas wilayah kira-kira 2150000 km2 (830000 sq mi), Arab Saudi secara geografis merupakan negara terbesar ke lima di Asia dan kedua terbesar di Dunia Arab setelah Aljazair. Arab Saudi berbatasan langsung dengan Yordania dan Irak ke utara, Kuwait ke timur laut, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ke timur, Oman ke tenggara, dan Yaman ke selatan. Negara ini terpisah dengan Israel dan Mesir oleh Teluk Aqaba. Negara ini adalah satu-satunya negara yang memiliki dua pesisir penting, yakni Laut Merah dan Teluk Persia, dan sebagian besar wilayah Arab Saudi merupakan gurun pasir.

Arab Saudi merupakan negara yang memproduksi dan pengekspor minyak terbesar di dunia, mengontrol cadangan minyak terbesar kedua di dunia, dan memiliki cadangan gas terbesar keenam di dunia. Kekayaan yang sangat besar yang didapat dari minyak, sangat membantu permainan dan pembentukan kekuatan peran dari keluarga Kerajaan Saudi baik di dalam maupun luar negeri. Negara Arab Saudi telah lama menjadi salah satu negara yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia.

Di Arab Saudi, wanita yang sudah menikah tidak boleh bepergian tanpa ijin dari suaminya, tidak boleh mengikuti pertandingan olahraga, bahkan tidak memiliki wakil dalam lingkungan pemerintahan. Mereka juga dilarang untuk mengemudi dan harus didampingi oleh laki-laki yang merupakan muhrimnya.

Salah satu provinsi di Arab yaitu provinsi Konya. Konya merupakan kota yang terletak di Turki bagian selatan, pada plato tengah Anatolia. Dalam sejarahnya, kota ini dulunya dikenal dengan nama Ikonium. Konya, yang terletak di Daratan Konya adalah wilayah yang dikenal sebagai keranjang roti Turki karena lautan gandum yang luas. Di provinsi Konya baru saja terjadi fenomena Sinkhole.

Walau Konya tetap menjadi pusat pertanian utama negara, kekeringan terus-menerus yang melanda para petani di daerah ini telah menyebabkan masalah yang tidak terduga yang semakin memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Saat ini ada 660 sinkhole yang terdokumentasi di Provinsi Konya. Jumlah yang hampir dua kali lipat dari 350 yang terhitung tahun lalu. Sinkhole adalah sebuah lubang besar yang terjadi karena pengikisan air yang terjadi ke dalam tanah sehingga terjadi tanah longsor ke dalam.

Pembentukan sinkhole sangat lambat sehingga tidak nampak kasat mata. Akibatnya, rumah-rumah bisa terperosok secara tiba-tiba. Hal tersebut sangat membahayakan apabila terjadi didaerah yang padat penduduknya.

Level air yang ada di atasnya turun dan membuat tanah yang ada di atasnya menjadi turun maka terjadilah sebuah fenomena alam yang di sebut “sinkhole”. Tipe tanah yang rawan sekali terkena Sinkhole adalah tipe tanah seperti kapur, gipsum, salt dan jenis tanah lainnya yang dengan mudah larut dengan air.

 

Para petani juga mencoba mencari solusi, dengan mengisi lubang runtuhan tetapi pada akhirnya tidak dapat diisi dengan baik karena kekosongan di bawah tanah lebih luas dari yang terlihat oleh mata. Sebaiknya tandai daerah itu dengan lubang runtuhan agar tidak terjadi kecelakaan.

Secara umum sinkhole terbentuk dari dua penyebab yaitu alamiah dan campur tangan manusia. Untuk sinkhole alami dibagi menjadi tiga kategori yaitu Dissolution sinkholes, Cover-subsidence sinkholes dan Cover-collapse sinkholes.

Penyebab sinkhole akibat ulah manusia karena pola drainase alami dirubah dan sistem pengalihan air baru dikembangkan. Beberapa terbentuk akibat perubahan tanah, seperti waduk buatan. Berat substansial dari material baru bisa memicu material pendukung di bawah tanah runtuh, sehingga terjadinya lubang.