Setiap pasangan pasti memiliki konsep pernikahan impian. Mulai dari warna yang diusung sampai gaun pengantin yang akan digunakan. Namun, kebanyakan orang memilih konsep yang simpel namun tetap terkesan mewah.
Mulai dari pernikahan tema vintage, garden party, rustic, classic romance dan masih banyak lagi. Namun tidak sedikit pasangan yang mengusung konsep pernikahan dengan tema unik dan antimainstream. Bahkan dapat dibilang unik dan mencolok.

Berikut beberapa tema unik pernikahan yang pernah ada.

GAME OF THRONES

Pasangan Sista Mauli Wulandari dan Rekhaza Panji Riawan, mendadak menjadi sorotan media internasional karena tema pernikahan yang unik. Pernikahan mereka baru viral di dunia maya setelah diberitakan Daily Mail dari Inggris. Sista dan Rekhaza mengusung tema pernikahan ala serial televisi ‘Game of Thrones’ dan film ‘Lord of The Rings’.

Sista, sang mempelai wanita, berdandan mengenakan kostum ratu bangsa Elf di ‘Lord of The Rings’, yaitu Galadriel. Sementara Rekhaza memakai kostum Joffrey Baratheon saat masih menjabat sebagai raja di Westeros dalam ‘Game of Thrones’.

Karena ide unik tersebut, pernikahan mereka pun menarik perhatian masyarakat dunia, terutama yang mengikuti kedua film tersebut. Sista, yang merupakan Brand Strategist di Kaskus, mengungkapkan tema utama dari pemilihan kostum ini adalah ‘Middle Earth’ yang menggabungkan ‘Game of Thrones’ dan ‘Lord of The Rings’.

Kedua kostum pernikahan tersebut ternyata dibuat sendiri. Konsep yang diusung adalah menyadur kostum King Joffrey, tapi dengan detail desain, pemilihan, dan pembelian bahan serta material yang semuanya dibuat sendiri oleh keduanya, termasuk aksesorinya. Tapi, mereka tidak sendiri, karena seorang teman yang berprofesi sebagai desainer turut membantu proses jahit kedua kostum tersebut.

Sista tampil menyerupai kostum Galadriel, lengkap dengan telinga panjang ala elf, sepatu, dan aksesori kostum, begitu pun Rekhaza dengan pedang dan pakaian ala Joffrey.
Sista mengakui, sempat ada kekhawatiran dari keluarga karena mereka tidak paham terkait pemilihan baju yang dianggap aneh itu. Tapi, setelah diperlihatkan referensi kostumnya, akhirnya keluarga pun paham dan bisa menerima ide Sista serta Rekhaza.

HELLO KITTY

Sebuah konsep pernikahan yang tidak biasa menuai sorotan di media sosial terutama di TikTok. Terlebih, konsep tersebut dianggap sangat berbeda dari biasanya dengan memakai pakaian bertema Hello Kitty. Momen pernikahan sepasang pengantin itu dibagikan oleh akun TikTok @Siti Fiyah797.

Dari beberapa foto yang diunggah, netizen kaget melihat pakaian hingga konsep pernikahan yang dipilih pengantin tersebut. Di postingan tersebut, Siti memperlihatkan pakaian pengantin memakai baju tidur bercorak Hello Kitty. Selain itu, latar belakang panggung pelaminan juga bergambar yang sama dengan warna merah jambu.
Tidak hanya baju tidur, pengantin pria dan wanita juga memakai pakaian Hello Kitty berwarna biru. Hal itulah yang mengagetkan publik, karena dianggap lucu dan sangat berbeda dengan konsep pernikahan lainnya.

Kedua pengantin juga memajang boneka di tempat pelaminan tersebut hingga semakin membuat konsep pernikahan itu penuh dengan Hello Kitty. Ditambahkan lagi, pengantin pria sampai memakai dasi berwarna merah jambu.

Unggahan beberapa foto tersebut membuat warganet terheran-heran. Bahkan, tidak dipungkiri banyak dari mereka tertawa melihat pakaian kedua pengantin yang penuh dengan Hello Kitty berwarna merah jambu.

Di samping itu, para warganet juga dibuat salah fokus melihat ekspresi pengantin wanita. Dari semua foto yang diunggah, tidak ada satu pun ekspresi wanita itu dengan pose tersenyum atau tertawa. Ia terlihat menutup rapat-rapat mulutnya seperti wajah yang tengah kesal.

Sementara itu, berbeda dengan sang istri, pengantin pria malah terlihat menikmati momen foto pernikahannya dengan suka cita. Ia terlihat tersenyum saat berfoto dengan pengantin wanita. Mulai dari pakaian baju tidur hingga mengenakan pakaian adat, pengantin pria terlihat sangat bahagia.

PASAR MALAM

Namun berbeda dengan pasangan pengantin ini yang memilih konsep unik dan tidak biasa, pengantin asal Malaysia menggelar pesta pernikahan bertema pasar malam. Momen pernikahan tersebut mulai viral berawal dari unggahan akun TikTok @saraygonephoto.

Dalam unggahan yang viral terlihat pengantin di Malaysia ini sengaja menyajikan berbagai macam makanan khas pasar malam. Acara pernikahan tersebut terlihat terorganisir dengan baik.
Dalam video yang berdurasi 20 detik, terlihat beberapa jenis makanan khas pasar malam disajikan untuk tamu undangan pernikahan. Mulai dari laksa, bihun hingga roti puri, bahkan ada kios yang khusus menjual teh tarik dan keropok lekor (kerupuk ikan yang menjadi makanan ringan tradisional Malaysia). Bahkan, pasangan ini juga menyediakan es krim dan kacang kedelai untuk makanan penutup.

Acara pernikahan bertema pasar malam ini berada di Parit Buntar, Perak, Malaysia. Dalam perbincangan singkat dengan World of Buzz, pengantin wanita bernama Sarah menceritakan bahwa rencana awal mereka adalah menjadikan berbagai warung sebagai sumber makanan utama di pesta pernikahan mereka, meski akhirnya berkembang menjadi tema pasar malam.

Menjelang hari pernikahannya, Sarah mengatakan, menu yang awalnya hanya berupa menu kecil-kecilan saja semakin berkembang. Bahkan, dia tidak menduga dalam acaranya terdapat sekitar 12 stand pedagang makanan khas pasar malam.