Harga batu akik atau permata sampai saat ini belum ada patokan standar, tapi semakin langka dan disukai pembeli dengan sendirinya harga akan semakin naik. Saat ini batu termahal dan paling populer masih ditempati berlian dan merupakan jenis batu mulia yang paling di incar banyak kolektor.

Berlian termasuk salah satu batu permata termahal di dunia. Batu permata ini banyak dipakai untuk perhiasan seperti kalung, liontin, cincin atau anting-anting. Selama ini, jenis permata ini menjadi lambang kemewahan dan gaya hidup bagi kaum hartawan.

Biaya untuk mendapatkan sebuah berlian berharga tinggi memang bukan hal mudah, mulai proses penambangan, pengolahan hingga proses pemotongan untuk membentuk sebuah berlian tentu sangat mahal, apalagi jika jenis berlian itu sangat langka.

Berikut ada beberapa harga batu atau permata dengan harga yang sangat mahal saat ini.

Berlian Hope – (US$ 250 juta / karat)

Harga berlian termahal saat ini yaitu Berlian Hope (Hope Diamond) dengan ukuran 25,6 x 21,78 x 12 mm dan karat sebesar 45.552 carats (9.1104 g), dengan harga $250 juta/karat atau setara dengan Rp. 2.2 Trilliun.

Berlian ini berasal dari Tavernier Blue di Prancis, yang awalnya ditambang di pertambangan Kollur, di Distrik Guntur, Andhra Pradesh, India, yang saat itu masih menjadi bagian dari Kerajaan Golkonda. Tambang ini terkenal dengan berliannya yang besar.

Hope Diamond kemudian dijual pada Raja Louis XIV dari Prancis pada tahun 1668, yang kemudian diwariskan secara turun-temurun, lalu diberikan oleh Louis XVI kepada Marie Antoinette. Saat ini berlian tersebut disimpan di Museum Sejarah Alam Nasional Smithsonian Institute.

Hope menjadi legendaris karena “kutukan” bagi pemilik yang menyimpannya. Hope berwarna biru dengan mata telanjang karenah de boron yang dikandungnya. Hope menampilkan fosforesensi merah dengan sinar ultraviolet dan diklasifikasikan sebagai intan tipe IIb.

Berlian “Hope” ini bukan hanya sekedar perhiasan, tapi juga dapat dijadikan investasi. Dengan permata yang jumlahnya terbatas, membuat harganya akan semakin mahal sedangkan peminatnya banyak.

Kalung Giok (Jadeite Necklace) – (US$ 27,4 juta)

Sejak ribuan tahun sebelum masehi, Batu Giok sudah dimanfaatkan sebagai perhiasan dengan nilai yang tinggi. Batu dengan warna khas hijau ini tidak hanya indah, namun juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya.

Saat ini, batu giok masih menjadi buruan banyak kolektor atau penghobi batu permata sehingga harganya menjadi sangat mahal. Harga kalung batu giok termahal ini tidak dijual satuan, dan bernilai $27.440.000 dollar Amerika. Kalung yang terdiri dari 27 mata giok ini memang sangat indah dan mempesona. Giok dengan kualitas tinggi dapat dihargai hingga US$ 20.000 per karat.

Serendibite – (US$ 2.5 juta / karat)

Serendibite termasuk dalam kategori batuan mineral silika yang langka di dunia, sehingga harganya sangat mahal. Sifat optik pada batu ini hijau kekuningan atau hijau kebiruan dan violet, dengan kekerasan 6.5-7 skala mohs.

Mineral ini pertama kali ditemukan pada tahun 1902 di Sri Lanka oleh Dunil Palitha Gunasekera, yang sebelumnya batu mulia ini dinamai Serendib, yang berarti Sri Langka dalam bahasa Arab.

Serendibite hanya ditemukan di dua tempat di dunia, Sri Lanka dan di Birma. Karena masuk dalam kategori batu mulia, harga Serendibite mencapai $2.5 juta/karat.

Blue Garnet – (US $ 1.5 juta / karat)

Garnet masuk dalam kelompok mineral silikat, dan sudah populer sejak ribuan tahun lalu sebagai batu yang bernilai tinggi. Jenis batu mulia ini memiliki banyak variasi warna seperti merah, hitam, merah muda, hijau, kuning, ungu, coklat, orange dan warna biru garnet (blue garnet) yang memiliki harga tertinggi.

Jenis permata ini di temukan di beberapa negara seperti Amerika, Turki, dan untuk kualitas terbaik berasal dari Madagaskar. Uniknya, warna batu permata ini dapat berubah. Harga batu ini mencapai US$ 1.5 Juta dollar Amerika/karat.

Painite – (US$ 60.000 / karat)

Batu mulia Painite termasuk batu mineral terlangka dan dapat ditemukan di Myanmar. Painite termasuk dalam jenis meneral Borat (BO3) dan mengandung jejak Vanadium sehingga dapat berubah warna. Pertama kali batu ini ditemukan seorang merolog Inggris sekitar tahun 1950-an. Batu langka ini memiliki harga hingga US$ 60.000/karat.

Itu adalah beberapa batu cincin dengan harga termahal di dunia untuk saat ini. Beberapa diantaranya termasuk jenis batuan mulia yang langka sehingga tidak mudah ditemukan di pasaran, jika ada, harganya pun pasti sangat tinggi.