Pasar adalah tempat untuk melakukan transaksi antara penjual dan pembeli. Pada umumnya, barang yang diperdagangkan berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari seperti bahan pakan dan pakaian. Namun, ternyata ada juga pasar di dunia yang unik dan aneh. Barang yang diperdagangkan pun bukan barang yang lazim dijual di pasar pada umumnya. Berikut kita lihat beberapa pasar yang unik, aneh, dan tidak lazim.

1. Pasar Laba-laba, Kamboja

Sesuai dengan namanya, pasar ini terkenal karena yang dijual adalah hewan laba-laba. Laba-laba yang dijual di pasar ini bukan dijadikan sebagai hewan peliharaan, melainkan dikonsumsi layaknya camilan. Sulit dibayangkan seperti apa rasanya makan laba-laba, dalam benak kita yang pertama muncul kemungkinan adalah rasa jijik, geli, aneh. Tapi bagi orang yang sudah pernah makan hewan ini, konin katanya rasa dari hewan ini gurih dan sedap, seperti campuran antara daging ikan dan ayam. Di pasar ini pun banyak jenis laba-laba yang dijual, mulai dari laba-laba kecil, bahkan hingga tarantula sebesar telapak tangan. Bagi yang suka makanan ekstrim, saat berkunjung ke Kamboja mungkin Anda bisa mencoba datang ke pasar ini dan merasakan sensasi makan laba-laba.

2. Pasar Penyihir, Bolivia

Pasar penyihir ini letaknya ada di La Paz, Bolivia. Benda yang dijual di pasar ini, bukanlah perlengkapan sihir seperti yang ada di film-film. Pasar ini mendapat julukan pasar penyihir karena benda-benda yang dijual adalah benda-benda yang aneh. Di pasar ini kita dapat menemukan janin hewan yang sudah dikeringkan, bangkai katak, berbagai hewan yang diawetkan, bulu burung hantu, bahkan batu asteroid. Para pembeli yang datang pun rata-rata adalah dukun, peramal, dan peneliti astrologi.

3. Voodoo Fetish Market – Togo

Pasar voodoo di Togo ini, merupakan pasar voodoo yang terbesar di dunia. Beberapa barang peralatan voodoo yang dijual antaranya ada boneka voodoo, tengkorak, jantung kuda, bahkan kaki gajah. Benda-benda yang dijual dipasar ini rata-rata merupakan bahan dasar untuk membuat obat atau ramuan tradisional. Para tabib yang ada di Togo memiliki keyakinan bahwa ramuan yang dibuat dari bahan-bahan unik itu ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pasar ini pun juga sering menjadi apotek bagi masyarakat miskin di Togo yang tidak memiliki cukup uang untuk berobat ke tabib.

4. Pasar Gipsi, Bulgaria

Di pinggiran kota Stara Zagoraz Bulgaria, saat momen Todoroyden (Hari Santo Todor) yang biasanya jatuh pada tengah bulan maret, mendadak akan berubah menjadi tempat jual beli jodoh. Hal ini bukanlah prostitusi, atau hanya mencari kenikmatan sesaat, melainkan benar-benar dijadikan istri. Pasar ini bukanlah hal yang baru, melainkan sudah menjadi adat yang turun temurun.

Para wanita yang berkumpul di sana, akan berdandan dengan menarik dan mempesona sembari menanti pria yang nantinya akan menjadi pasangan hidup mereka. Para pria dan wanita yang hadir akan didampingi keluarga mereka. Mereka pun tidak asal menerima tawaran dari para pria yang datang, mereka pun memiliki kriteria bagi para calon suami itu. Pria yang tertarik dengan salah seorang wanita di sana, wajib untuk meminta izin dan berbincang-bincang dengan keluarga dari pihak wanita sebelum menikahinya.

5. Mercado de Sonora, Meksiko

Di Avenida Fray Servando Teresa, Meksiko, ternyata juga memiliki pasar yang menjual barang-barang untuk melengkapi ritual mistis. Boneka voodoo, patung iblis, lilin ritual, sampai ramuan-ramuan misterius pun tersedia di pasar ini. Banyak penyihir atau dukun dari seluruh belahan dunia yang datang untuk berbelanja barang-barang mistis itu.
Tidak hanya menjual kebutuhan ritual, para penganut aliran supranatural biasanya juga membuka lapak di Mercado de Sonora. Pelanggan juga bisa meminta hal-hal aneh yang tidak lazim, contohnya seperti jimat hingga pelet untuk memikat jodoh.

6. Pasar Bisu Koto Baru, Sumatera Barat

Pada umumnya, di sebuah pasar terdengar riuh keramaian tawar menawar yang terjadi antara penjual dan pembeli. Namun, berbeda halnya dengan pasar yang ada di Sumatera Barat ini Di pasar ini, semua kegiatan tawar menawar dilakukan dengan bahasa isyarat, tidak dengan kata-kata, oleh karena itu pasar ini mendapat julukan pasar bisu Penentuan kesepakatan antara penjual dan pembeli dilakukan dengan berjabat tangan di bawah selembar kain. Mereka memiliki kode dengan menggunakan jari yang bisa menunjukkan nominal tertentu, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

7. Pasar Maeklong, Thailand

Pasar Maeklong di Thailand ini bisa dibilang cukup ekstrem, karena berada di pinggir rel kereta api yang aktif dilewati. Bangunan semi permanen didirikan hingga ke tengah rel. Kalau ada tanda kereta api yang akan lewat, mereka segera menghentikan proses jual beli dan bergegas merapikan dagangannya. Para pedagang merapikan tenda di depan pasar mereka sampai kereta lewat. Namun setelah kereta lewat, kegiatan berjualan kembali dilanjutkan.

8. Pasar Beriman

Pasar Beriman ini berada di Manado, Indonesia. Ternyata pasar ini merupakan pasar yang paling aneh di Indonesia. Kita akan menemukan banyak daging-daging dari beraneka ragam hewan yang tidak biasa dikonsumsi oleh manusia. Misalnya daging kelelawar, tikus, kera, ular dan lain sebagainya. Meskipun terdengar ekstrim, namun tidak sedikit masyarakat yang menyukai makanan aneh tersebut. Hak ini karena masyarakat Manado memang terbiasa mengkonsumsi daging dari hewan tersebut dalam kehidupan sehari-harinya.

9. Exotic Meat Market

Exotic Meat Market merupakan pasar yang menjual daging esktrem secara online. Terlihat di halaman Exoticmeatmarkets.com, beberapa daging hewan liar seperti bison, kanguru, buaya, trenggiling, iguana, dan masih banyak lagi yang dijual dan diberi banderol. Misalnya contoh, daging bison seberat 2 pon, atau 0.9 kg di pasar online itu dihargai US$29,99 atau sekitar Rp411.000. Seluruh daging ekstrem di web tersebut sudah diberi harga. Exotic Meat Market menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menjaga kelestarian alam meski menjual daging hewan liar.

“Exotic Meat Market menghormati dan mengikuti kepercayaan pribumi Amerika yang menganggap hewan hanya boleh diburu untuk dimakan. Sebagai penjaga alam, kami Exotic Meat Market mengakui tanggung jawab kami terhadap lingkungan. Setiap langkah, dari paddock ke piring, kami menjadikannya prioritas untuk meningkatkan manajemen lingkungan terus menerus,” begitu bunyi keterangan di webnya.