Di antara sekian hobi yang dapat ditekuni, mengoleksi objek-objek tertentu merupakan salah satu hobi yang paling umum. Beberapa orang gemar mengoleksi benda sehari-hari yang mudah ditemukan. Sementara yang lebih mapan, memilih mengoleksi barang antik untuk memperlihatkan status mereka. Ada pula yang lebih menikmati berburu barang langka yang sulit dicari.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kegemaran mengoleksi barang juga berkembang pada hal yang ekstrem. Misalnya mengoleksi relik perang, yang mana seragam atau senjata sempat digunakan untuk berperang hingga dihargai puluhan juta. Semakin langka barangnya, semakin banyak pula bercak darah yang tertinggal di kain, maka semakin tinggi pula harganya.

Namun, siapa sangka ada pula orang mengoleksi barang yang tidak lazim, bahkan jorok. Berikut para kolektor yang mengoleksi benda-benda aneh.

AMATORE BOLZONI, KONDOM

Kolektor dengan koleksi paling aneh yang pertama adalah Amatore Bolzoni. Namanya sudah tercatat masuk ke dalam Guinnes Book of Records sejak tahun 2004 setelah mengoleksi ribuan kondom. Sejak tahun 1980, ia kini sudah mempunyai 2.077 alat kontrasepsi dengan berbagai ukuran dan bentuk yang beragam.  Variasi dan ragam koleksi tersebut didapatkan dari wilayah Eropa, Afrika, Amerika, hingga Asia. Dia mulai mengoleksi dari kondom klasik sampai kondom modern. Bahkan, ada yang dimiliki para tentara Amerika dan para tentara di Perang Dunia II. Kondom tertua koleksinya berasal dari abad ke 19 yang terbuat dari usus domba.

CHEZ GALIP, RAMBUT WANITA

Chez Galip adalah seorang seniman tembikar Turki yang merupakan penggagas sekaligus pemilik dari Museum Rambut Avanos di Kapadokia. Dalam museum tersebut, Galip memajang sampel rambut lebih dari 16.000 wanita yang pernah berkunjung ke studionya. Mulai dari dinding sampai langit-langit tertutup guntingan rambut wanita dari berbagai suku dan ras, lengkap dengan secarik kertas berisi alamat mereka.

GRAHAM BARKER, KOTORAN PUSAR

Walau terlihat menjijikan, namun Graham Barker seorang pria asal Australia ini mengumpulkan kotoran pusar untuk dikoleksi. Dikutip dari Distractify, Barker sudah mengumpulkan kotoran pusarnya sendiri sejak tahun 1984. Walau berat totalnya hanya mencapai 22,1 gram, Barker mampu menjadi pengumpul kotoran pusar terbanyak di dunia.

HEINRICH KATH, CANGKIR BIR

Heinrich Kath adalah seorang kolektor benda yang tidak biasa. Dia menghabiskan sebagian masa hidupnya hanya untuk mengumpulkan berbagai bentuk dan warna cangkir bir. Pada tahun 2013, jumlah cangkir bir yang dimilikinya sudah mencapai 20.000 yang dikumpulkan sejak tahun 1997. Uniknya, pria Jerman ini ternyata bukan seorang peminum bir.

NEIL SCALLAN, GAME MONOPOLI

Neil Scallen sudah mencatatkan namanya di Guinness Book of Records sebagai seorang kolektor game Monopoli terbanyak di dunia. Dia memiliki 3.029 kotak monopoli dalam koleksinya. Menariknya, ia hanya suka mengoleksi, tapi tidak terlalu menyukai permainan papan yang dibuat sejak tahun 1935 tersebut.

SIGUROUR HJARTASIN, PENIS MAMALIA

Sigurour Hjartarson adalah seorang pensiunan guru asal Islandia dan seorang kolektor kejantanan. Ia mengoleksi sekitar 280 spesimen kelamin makhluk hidup yang dikumpulkan dari seluruh penjuru dunia. Sekitar 93 spesies adalah kelamin hewan. Ada 55 penis kelamin yang diambil dari ikan paus, anjing laut, dan 118 dari berbagai mamalia darat.  Koleksi ini dipamerkan di Icelandic Phallological Museum yang dia dirikan sendiri.

Ia mengatakan mempunyai spesimen kelamin makhluk elf yang diletakkan dalam toples. Namun sayang, koleksi ini tidak dapat dilihat dengan mata orang awam. Dan yang paling ekstrem, yaitu koleksi kejantanan manusia yang didapatkan pada bulan Juli 2011.